Bagi Anda yang sering mengikuti dan concern di bidang lingkungan pastinya tidak asing dengan gambar di samping. Bagi yang belum tahu, jangan khawatir, dalam tulisan ini akan saya paparkan mengenai lambang tersebut.

Lambang di samping adalah lambang yang menggambarkan 3R. Apa itu 3R? 3R dan 4R yang saya bahas disini bukan ukuran foto ya, melainkan 3R istilah dalam lingkungan, singkatan dari Reduce, Reuse and Recycle. Lalu apa itu 4R? 4R adalah Reduce, Reuse, Recycle, and Replace.

Pertanyaannya, apa pentingnya 3R maupun 4R bagi kita?

Kita perlu tahu mengenai 4R dan selanjutnya mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari karena hal itu merupakan salah satu bukti kepedulian kita terhadap lingkungan. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan dari masing-masing istilah tersebut.

Reduce (mengurangi)
Reduce berarti mengurangi penggunaan barang yang memungkinkan terjadinya sampah. Apa maksudnya? Begini, sebagai contoh mungkin selama ini kita menganggap sepele kantong plastik yang kita dapatkan dari toko maupun warung-warung kecil. Apabila dilakukan kalkulasi, kalau dianggap sama setiap orang dalam sehari mendapatkan 2 kantong plastik dari warung atau toko, dalam sebulan saja sudah ada 30 x 2 = 60 kantong plastik. Kalau ada 1000 penduduk di tempat tersebut maka dalam sebulan ada 60.000 sampah kantong plastik. Bagaimana kalau dihitung dari jutaan orang?Itu baru dari barang kecil,kantong plastik, belum menghitung sampah-sampah yang lain. Lalu,apa yang harus kita lakukan? Membawa kantong dari rumah. Kenapa? karena membawa kantong sendiri dari rumah akan sangat mengurangi sampah yang ada. Hal ini juga yang diterapkan oleh supermarket besar yang menjual tas belanja untuk mengurangi sampah plastik.

tas belanja hero

tas belanja giant

Tas belanja tidak harus didapatkan dengan membeli tas baru tapi bisa juga dibuat sendiri, atau dengan reuse (menggunakan kembali).


Reuse (menggunakan kembali)
Reuse berarti menggunakan kembali barang-barang yang terlanjur menjadi sampah. Penjelasannya sebagai berikut, kita sebagai manusia tidak bisa serta merta  melakukan aktivitas sehari-hari tanpa menghasilkan sampah sedikitpun. Apabila kita telah mempraktekkan reduce, dan ternyata tetap masih ada sampah yang kita hasilkan maka tindakan selanjutnya adalah menggunakan kembali sampah-sampah tersebut untuk keperluan lain. Sebagai contoh, kita bisa menggunakan kembali ember yang sudah bocor untuk pot tanaman.


Recycle (mendaur ulang)
Recycle berarti mendaur ulang sampah-sampah yang sudah tidak bisa dipakai lagi menjadi barang-barang baru yang berguna. Kelanjutan dari Reduce, kita sudah mengurangi sampah, reuse, sudah menggunakan kembali sampah dan ternyata masih ada juga sampah yang kita miliki, maka langkah selanjutnya adalah mendaur ulang sampah-sampah tersebut menjadi barang baru yang lebih berguna dan bermanfaat untuk kita. Contoh yang sudah banyak dilakukan adalah daur ulang kertas. Banyak pabrik skala besar maupun kecil yang mendaur ulang sampah kertas menjadi produk baru yang bisa digunakan kembali, baik daur ulang menjadi kertas baru maupun benda lain.

Replace (mengganti)
Replace berarti mulai melakukan penggantian barang-barang tidak ramah lingkungan yang selama ini kita pakai, beralih dengan penggunaan barang-barang ramah lingkungan. Setelah mangetahui pengertian dari masing-masing istilah Reduce, Reuse, Recycle maka langkah terakhir adalah Replace, kegiatan yang kita sudah ketahui efek buruknya bagi lingkungan maka mulai saat ini dan detik ini juga kita ganti dengan aktivitas lain yang ramah terhadap lingkungan. Sebagai contoh kalau selama ini kita masih mengabaikan sampah kantong plastik, maka mulai sekarang kita sudah mengganti tas belanja permanen (tidak sekali pakai).

Apa yang saya tulis di atas hanya sebagian kecil saja, contoh   sederhana  untuk memahami apa yang dimaksud dengan 3R dan 4R . Masih banyak sekali hal-hal lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan kita.

Let’s save our earth !

Semoga bermanfaat…

-Asna Luthfiyati-

About these ads